Kamis, 16 Mei 2013

MAKALAH PENGEMBANGAN KURIKULUM KTSP


BAB I
PENDAHULUAN

Salah satu faktor yang sangat strategis dan substansial dalam upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). suatu bangsa adalah pendidikan. Pada saat ini pendidikan menjadi fenomena permasalahan yang sangat penting di Indonesia. Hal ini dilihat dari keadaan SDM di bangsa Indonesia yang kurang siap menghadapi millennium goals, era globalisasi, dan era informasi, menurut Pikiran Rakyat tahun 2006 menyatakan bahwa di tingkat dunia Indonesia termasuk Negara penghutang (debitor) nomor 6, Negara terkorup nomor 3, peringkat SDM ke 112 dari 127 negara, dengan penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan mencapai 30% dan pengangguran terbuka mencapai 12 juta. Sehingga berbagai upaya perbaikan ditempuh sebagai harapan bagi pembaruan | paradigma pendidikan Indonesia | yang lebih bermutu dan kompetitif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi.
Pengembangan kurikulum merupakan bagian yang terpenting dalam proses pendidikan. Sasaran yang dicapai bukan semata-mata memproduksi bahan pelajaran, melainkan lebih dititikberatkan pada peningkatan kualitas pendidikan. Pengembangan kurikulum merupakan suatu proses merencanakan dan menghasilkan suatu alat yang lebih baik dengan disadari hasil pengkajian terhadapkurikulum yang telah berlaku sehingga dapat memberikan kondisi belajar mengajar lebih baik dan berkualitas.
Kurikulum mempunyai dua makna, yakni penyusunan kurikulum yang sama sekali baru (Curriculum Construction) dan menyempurnakan kurikulum yang telah ada (Curriculum Improvement).
Kurikulum dikembangkan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian  dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.  
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. | (KTSP) | nampak menekankan perpaduan antar pendekatan antar pendekatan, dalam arti bahwa kurikulum yang dikembangkan memfokuskan pada penguasaan isi, penguasaan kemampuan, aspek-aspek kepribadian serta pemecahan masalah maupun kemampuan potensial peserta didik.
                 
BAB II
PEMBAHASAN

A.   Teori Tentang KTSP
Kurikulum - adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai .tujuan pendidikan. tertentu. Sedangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Berikut adalah pengertian KTSP menurut beberapa ahli :
1.    Menurut Rohman Hipni : Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah sebuah kurikulum operasional pendidikan yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan di Indonesia. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.
             Menurut Mulyasa : Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan adalah suatu ide tentang           pengembangan kurikulum yang diletakkan pada posisi yang paling dekat..................


Untuk lebih jelasnya download filenya di sini Kawan Kawin

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Best Patner

Copyright © 2012. ALAKADARNYA72 - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Blog Bamz