Kamis, 16 Mei 2013

MAKALAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan
Perencanaan pendidikan | pada hakikatnya adalah suatu proses untuk mencapai keadaan yang lebih baik di masa yang akan datang melalui pemilihan alternatif rencana yang rasional, sistematis, mengenai apa yang akan dilakukan, bagaimana melakukannya, siapa pelaksananya dan kapan suatu kegiatan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan lebih efektif dan efisien sehingga proses pendidikan itu dapat memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat.
Perencanaan pendidikan tidak terlepas dari - perencanaan sekolah - sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari perencanaan pendidikan.  Secara teknis perencanaan sekolah terbagi atas perencanaan fisik dan non fisik. Perencanaan fisik meliputi perencanaan sarana      prasarana yang salah satunya termasuk rencana pembangunan sekolah baru.
Dalam melakukan | pembangunan sekolah | baru memerlukan perencanaan yang baik. Oleh karena itu, perlu dipertimbangkan beberapa aspek penentuan lokasi sekolah. Lokasi sekolah tersebut harus mudah dicapai dan berada di wilayah yang jauh dari gangguan alam dan lingkungan, serta sekolah tersebut tidak mengalami kekurangan siswa.
Dalam proses belajar mengajar di sekolah, umumnya siswa hanya mengharapkan informasi dari guru semata tanpa mau berusaha untuk mencari informasi dan pengalaman belajar sendiri. Padahal waktu yang disediakan untuk proses belajar mengajar amatlah singkat.
Mata pelajaran yang diterima umumnya syarat dengan konsep, mulai dari konsep sederhana sampai pada konsep yang lebih kompleks yang membutuhkan pemahaman yang benar dari konsep-konsep yang telah di pelajari sebelumnya.
 

B.    Teori Perencanaan Pendidikan
Strategi berkaitan dengan penetapan keputusan yang harus dilakukan oleh seorang perencana, misalnya keputusan tentang waktu pelaksanaan dan jumlah waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan, pembagian tugas dan wewenang setiap orang yang terlibat, langkah-langkah yang harus dikerjakan oleh setiap orang yang terlibat, penetapan kriteria keberhasilan, dan lain sebagainya.
penetapan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan, di dalamnya meliputi penetapan sarana dan prasarana yang diperlukan, anggaran biaya dan sumber daya lainnya, misalnya pemanfaatan waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan.......

Buat yang Pengen file aslinya download aja disini.......

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Best Patner

Copyright © 2012. ALAKADARNYA72 - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Blog Bamz